Pengolahan Limbah Pelindung HP dengan Hiasan Kaset Bekas

Apakah kalian mempunyai pelindung hp yang tidak terpakai? Apakah di rumah kalian ada kaset yang sudah rusak dan tidak bisa dipakai lagi? Apa yang kalian lakukan ketika melihat barang bekas seperti itu di rumah kalian? Dari pada membuang barang bekas tersebut, alangkah baiknya kita memanfaatkan barang-barang itu menjadi sesuatu yang memiliki nilai guna dan nilai jual.

Kali ini kita akan membuat sebuah karya yang memanfaatkan pelindung hp berwarna transparan dan kaset bekas yang sudah tidak lagi terpakai. Dengan itu, pelindung hp dan kaset bekas lebih berguna, lebih indah, lebih sedap dipandang, dan memiliki nilai jual.




Alat dan bahan :
  • Pelindung hp transparan bekas
  • Kaset bekas dengan cover mengkilap
  • Double tape
  • Cutter
  • Gunting 


Cara membuat :
  1. Pertama, siapkan alat dan bahan.
  2. Kemudian, silet kaset secara horizontal menjadi 4 bagian. Lekatkan double tape pada bagian pertama dan tarik kembali double tape itu. Maka cover kaset akan menempel pada double tape itu. Lakukan hal ini hingga cover dari kaset tersebut terkelupas semuanya.
  3. Lalu, potong double tape tadi menjadi segitiga-segitiga hingga menutupi semua bagian pelindung hp, tapi jangan dilekatkan terlebih dahulu.
  4. Setelah mempunyai perkiraan segitga yang akan ditempelkan, lekatkan segitiga tadi dengan double tape lagi agar bentuknya lebih padat.
  5. Selanjutnya, buka double tape agar bisa dilekatkan ke pelindung hp. Kemudian, tempelkan segitiga tadi dengan memberi jarak antar segitiga lainnya. Jika saat menempelkan bentuknya tidak pas, buatlah bangun lain selain segitiga agar memenuhi ruang yang kosong.
  6. Terakhir. rapikan tempelan dan tekan-tekan pada setiap segitiga agar lebih kuat melekat. Dan pelindung hp dari kaset bekas dapat digunakan.


Di atas merupakan salah satu cara memanfaatkan barang bekas yaitu pelindung hp dan kaset bekas. Kita juga dapat membuat barang yang memiliki nilai keindahan yang tinggi tanpa harus membelinya, kita menemui barang bekas sehari-hari. Plastik terurai selama 50-100 tahun, dari pada membuangnya lebih baik kita memanfaatkannya. Dengan kita menggunakan barang bekas, kita dapat mengurangi penumpukan sampah, pemanasan global, mencegah banjir, dan sebagainya. Mari kita manfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar kita agar lebih bermanfaat dan berguna!!!

2 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.